Artikel

PELATIHAN BATIK ECOPRINT

08 April 2022 04:03:20  SILVY MAFISAHTIN  125 Kali Dibaca  Berita Desa

                    Ketua TP. PKK Desa Ketajen mengadakan kegiatan pelatihan membatik dengan teknik ecoprint pada tanggal 15 Februari 2022 yang dihadiri oleh anggota PKK dan beberapa rekan karang taruna. Kegiatan ini dilakukan di Pendopo Balai Desa Ketajen. Yang menjadi narasumber disini adalah 

                   Menurut narasumber, ecoprint sendiri berasal dari dua kata yaitu ‘eco’ dan ‘print’. Kata eco atau ekosistem dapat diartikan sebagai  lingkungan hayati, dan print memiliki arti mencetak. Berdasarkan asal katanya, maka ecoprint adalah teknik mencetak atau menciptakan produk yang memiliki unsur hayati. Teknik membatik secara ecoprint ini menggunakan daun-daunan yang mudah ditemui di sekitar kita. Daun diyakini dapat memberi motif secara alami pada kain khusus yang berasal dari serat alami sehingga dapat dengan mudah menyerap warna dari daun. Syarat daun yang dapat digunakan membatik ini diutamakan yang besar dan memiliki bentuk yang unik agar motif kain yang dihasilkan juga unik.

                   Langkah pertama, kain dibentangkan kemudian menempelkan daun-daun pada kain sesuai keinginan. Setelah itu tutup dengan plastik hitam, lalu kain diinjak-injak supaya warna alami pada daun bisa menempel sempurna. Lalu digulung dan diikat. Kemudian kain tersebut dikukus dalam panci selama kurang lebih dua jam untuk menghasilkan kain ecoprint dengan warna yang indah. Kelebihan batik ecoprint adalah motifnya yang berbeda antara satu kain dengan yang lainnya sehingga terasa spesial jika dijahit menjadi baju. Para peserta pelatihan terlihat antusias dan senang dengan pelatihan ini.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Ketajen No. 1
Desa : Ketajen
Kecamatan : Gedangan
Kabupaten : Sidoarjo
Kodepos : 61254
Telepon : 081358881772
Email : ketajensemarakku@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:18
    Kemarin:100
    Total Pengunjung:28.297
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.135.212.238
    Browser:Mozilla 5.0