Artikel

Sejarah Desa Ketajen

26 Agustus 2016 22:38:09  Administrator  403 Kali Dibaca 

Seperti desa pada umumnya yang memiliki sejarah atau asal usul sebuah lokasi, begitu pun Desa Ketajen. Berikut ini sejarah dari Desa Ketajen..

                Kerajaan Singosari mengutus beberapa orang utusan yang bertugas untuk membuka lahan perkampungan di daerah Sidoarjo. Lokasi yang dipilih yakni bertempat di Dusun Tumapel. Nama Tumapel ini diperoleh dari nama lain Kerajaan Singosari itu sendiri. Di daerah Tumapel ini menjadi tempat untuk bertapa atau bersemedi yang tujuannya untuk memohon petunjuk kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum membuka lahan (babat desa). Jumlah utusan yang diutus adalah 7 orang sebagai berikut:

  1. Mbah Demang
  2. Nyai Demang
  3. Saudaranya: Mbah Surokenongo
  4. Nyai Surokenongo
  5. Abdi: Mbah Soedarjo
  6. Abdi: Mbah Soedarnen
  7. Kusir: Mbah Canggah

                Setelah terbukanya lahan menjadi desa atau perkampungan, mbah demang menikah lagi dengan seorang wanita dari daerah Buduran, Sidoarjo. Yang dari pernikahan keduanya ini, beliau membuka lahan baru yang bernama Dusun Ketajen sebagai tempat tinggal istri keduanya.

               Oleh karena itu, awal mula nama Desa Ketajen berasal dari bahasa jawa yakni “KETAT PODO IJEN” yang artinya “HIDUP SENDIRI-SENDIRI”. Hal ini sebagai wujud kebijaksanaan Mbah Demang untuk memberikan tempat tinggal terpisah untuk kedua istrinya. Dengan terbukanya lahan Dusun Ketajen dan Dusun Tumapel, Mbah Demang berharap kedua istrinya dapat hidup tentram di masing-masing wilayahnya.

            Demikian selanyang pandang atau sejarah singkat Desa Senggigi yang dapat kami sampaikan kepada para pegiat Medsos, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Ketajen No. 1
Desa : Ketajen
Kecamatan : Gedangan
Kabupaten : Sidoarjo
Kodepos : 61254
Telepon : 081358881772
Email : ketajensemarakku@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:54
    Kemarin:145
    Total Pengunjung:43.678
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.141.199.56
    Browser:Mozilla 5.0