Artikel

KUNJUNGAN KEMENTRIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA KE DESA KETAJEN

19 Juli 2022 04:11:01  SILVY MAFISAHTIN  188 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada hari Rabu tanggal 6 Juli 2022 Pemerintah Desa Ketajen mendapat kunjungan kehormatan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia yang didampingi oleh Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo, Kecamatan Gedangan, dan Karang Taruna baik tingkat kecamatan maupun Desa Ketajen. Dalam kunjungannya Kementrian Sosial bermaksud untuk mendukung karang taruna desa yang memiliki usaha maju di desanya. Dukungan ini berbasis pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengurangi jumlah KPM (Keluarga Penerima Manfaat) atau PKH (Program Keluarga Harapan) agar lebih berdaya dengan adanya usaha desa tersebut.

Pada kesempatan itu, pihak Kementrian Sosial dalam bidang kepemudaan yakni Bapak Faozan Amar mengunjungi basecamp Karang Taruna Desa Ketajen untuk melihat-lihat usaha kartar desa yaitu sablon kaos dengan merek Jense. Selain itu rombongan juga mendatangi lokasi "Ladang Riang" yang terletak di dekat lapangan desa. Ladang Riang adalah sebuah lokasi pemberdayaan yang digagas oleh Ketua BPD Dr. Margono, M.Pd dengan Pemdes beserta Karang Taruna Desa Ketajen. Di lokasi tersebut terdapat kolam lele, tanaman hidroponik, cabe, dll. Setiap hari Jumat malam Bapak Margono mengadakan sebuah pertemuan dengan tema "Bincang Riang" yang diikuti oleh rekan-rekan karang taruna. Anak kartar desa juga berhasil membuat pupuk cair yang diproduksi di Ladang Riang. Hal inilah yang menarik perhatian Kemensos RI untuk mengenal lebih dekat Ladang Riang.

Kunjungan Kemensos RI yang kedua dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2022 yang langsung meninjau ulang lokasi Ladang Riang. Disana juga terdapat perbincangan-perbincangan guna mengembangkan usaha di Ladang Riang.

Tak cukup sampai disitu, kunjungan ketiga Kemensos RI pada hari Minggu tanggal 17 Juli 2022 dilaksanakan pada malam hari di Kantor Balai Desa Ketajen, Basecamp Jense, dan Ladang Riang. Pada kunjungan kali ini, perwakilan Kartar Desa memberikan proposal usaha baik sablon maupun di Ladang Riang. Kemensos RI ingin memberikan bantuan berupa dana untuk mendukung pengembangan usaha karang taruna. Kemensos RI berharap Kartar Desa Ketajen terus mengolah SDA dan melatih SDM di desa supaya dapat mengurangi jumlah KPM.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Ketajen No. 1
Desa : Ketajen
Kecamatan : Gedangan
Kabupaten : Sidoarjo
Kodepos : 61254
Telepon : 081358881772
Email : ketajensemarakku@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:14
    Kemarin:57
    Total Pengunjung:26.417
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.144.187.103
    Browser:Mozilla 5.0