Artikel

PELATIHAN BATIK TEKNIK SHIBORI OLEH TP. PKK DESA KETAJEN

03 Juni 2024 15:02:17  SILVY MAFISAHTIN  77 Kali Dibaca  Berita Desa

Ketua dan anggota TP. PKK Desa Ketajen menyelenggarakan pelatihan membatik shibori di Pendopo Desa Ketajen pada 19 Oktober 2023. Ibu Unick yang berasal dari Desa Sruni yang didapuk menjadi narasumber pada kegiatan ini. Dalam sambutannya, Bu Nur Sholikhah, selaku Ketua TP. PKK menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader.

Shibori adalah salah satu cara pencelupan tekstil di Jepang. Shibori merupakan teknik pencelupan kain yang meliputi jahitan, ikatan, lilitan, dijepit, dan dibungkus. Setelah itu, kain dicelup dengan satu atau banyak warna. Kain dicelup beberapa kali berdasarkan pada warna yang digunakan dan motif yang dibuat. Ada beberapa macam teknis shibori yang sudak dikenal, antara lain: Itajime, Kanoko, Kumo, dll.

Setelah narasumber memberikan materi, peserta diajak praktek langsung mulai menata kain putih, kemudian melipatnya sesuai pola, dan mengikatnya dengan karet gelang dengan didampingi Ibu Unick beserta tim. Selanjutnya adalah kain tersebut dicelupkan ke pewarna tekstil yang telah disediakan. Cara mencelupkannya juga bertahap pada ujung-ujung kain. Setelah proses pewarnaan, lalu kain tadi dijemur di bawah sinar matahari. Kemudian setelah setengah kering, kain bisa dibuka dan dijemur kembali agar kain kering dengan sempurna dan terlihat motifnya.

Para peserta puas dengan hasil yang diperolehnya, mereka mengatakan jika nantinya kain akan dijahit dan dijadikan baju. Mereka juga berharap pelatihan seperti ini dapat diagendakan setiap tahunnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Ketajen No. 1
Desa : Ketajen
Kecamatan : Gedangan
Kabupaten : Sidoarjo
Kodepos : 61254
Telepon : 081358881772
Email : ketajensemarakku@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:55
    Kemarin:145
    Total Pengunjung:43.679
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.217.140.98
    Browser:Mozilla 5.0